Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Author Guidelines

 

Jurnal PERPIPKI merupakan jurnal resmi Perhimpunan Pengkaji Ilmu Pendidikan Kedokteran Indonesia. Artikel dalam jurnal ini diharapkan dapat mengangkat berbagai tema di bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, diantaranya sebagai berikut :

  • Pengembangan dan pengelolaan kurikulum
  • Proses belajar dan mengajar (teaching & learning)
  • Asesmen dan evaluasi hasil pembelajaran (assessment)
  • Proses seleksi peserta didik (students selection)
  • Dukungan kepada peserta didik (student support)
  • Pengembangan staf pengajar (faculty development)
  • Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran (technology-enhanced learning)
  • Pendidikan kedokteran berkelanjutan (continuing medical education)
  • serta berbagai topik lain yang relevan dengan pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, baik di tahap sarjana, profesi, spesialis, maupun sub-spesialis.

 

Jurnal ini memuat berbagai jenis publikasi berbahasa Indonesia, yang dibedakan menjadi  original articles, literature review, shorts communication and innovations, case studies and reflection, dan personal view and commentaries. 

 

Ethical Guidelines

 

Dalam penyusunan artikel, perlu dituliskan dengan jelas kontribusi masing-masing penulis. Seluruh penulis bertanggung jawab pada isi dan cara penulisan pada artikel. Artikel yang diajukan pada Jurnal PERPIPKI telah dibaca, diulas secara kritis, dan disetujui oleh seluruh penulis. 

 

Jurnal PERPIPKI mengikuti the Uniform Guidelines for Biomedical Journals Requirements of the ICMJE (International Committee of Medical Journal Editors) dalam menentukan authorship. Menurut ICMJE, authorship harus memenuhi seluruh kriteria berikut:

  1. memberikan kontribusi substansial dalam  penyusunan konsep dan desain artikel/penelitian, proses pengumpulan data, serta proses analisis dan interpretasi data
  2. terlibat dalam proses penyusunan dan revisi artikel
  3. memberikan persetujuan pada versi akhir artikel sebelum dipublikasikan

 

Persetujuan etik wajib dicantumkan di dalam artikel di bagian “Metode”, dengan mencantumkan nomor persetujuan kaji etik (ethical clearance) dan institusi yang memberikan persetujuan etik tersebut. Jika tidak terdapat persetujuan etik, penulis perlu menyampaikan alasan tidak mendapatkan persetujuan etik.





Submission of Manuscript

 

Artikel yang diajukan pada Jurnal PERPIPKI akan menjalani proses review oleh tim editor dan tim reviewer. Proses review terdiri atas beberapa tahap sebagai berikut: 

 

  • Chief Editor dan Managing Editor selama 2 minggu → bisa diterima / ditolak → diterima, disampaikan kepada reviewer
  • Proses review oleh tim reviewer selama 4-6 minggu → bisa diterima (disertai usulan perbaikan) / ditolak
  • Proses perbaikan selama 4-6 minggu tergantung usulan perbaikan yang diberikan oleh tim reviewer (minor / mayor)
  • Proses review pada artikel perbaikan selama 2-4 minggu
  • Proses produksi

 

Cover letter

 

Penulis wajib memastikan artikel yang diajukan pada Jurnal PERPIPKI merupakan karya original, bukan karya yang mengandung plagiarisme, dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Untuk itu corresponding author perlu menyatakan hal tersebut dalam cover letter. Cover letter wajib disertakan saat proses submission, dengan menyampaikan bahwa seluruh penulis memberikan kontribusi secara signifikan pada proses penulisan dan telah menyetujui versi akhir artikel yang diajukan pada Jurnal PERPIPKI. Dalam penelitian yang melibatkan subjek manusia wajib menyampaikan bahwa subjek atau responden telah memberikan informed consent, serta data subjek atau responden harus dipertahankan tetap anonim. Penulis juga wajib mendeklarasikan adanya dukungan finansial atau konflik kepentingan dalam proses penelitian.

 

Manuskrip

 

Format penulisan dapat diunduh di sini.

 

Artikel dapat dituliskan dalam Bahasa Indonesia, disertai abstrak dalam Bahasa Inggris. Kriteria penulisan masing-masing jenis publikasi diuraikan sebagai berikut:

 

Original article

  • Artikel yang termasuk dalam kategori original article adalah penelitian di bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, baik penelitian secara kualitatif, kuantitatif, maupun mixed-method, termasuk scoping review, systematic review, dan meta-analysis.
  • Judul artikel : terdiri atas maksimal 20 kata
  • Abstrak : merupakan abstrak terstruktur yang terdiri atas Pendahuluan, Metode, Hasil, dan Kesimpulan, dengan jumlah kata maksimal 300 kata, dan menyertakan 3-5 kata kunci
  • Teks : terdiri atas Pendahuluan, Metode, Hasil, Diskusi, dan Kesimpulan, dengan jumlah kata berkisar antara 3500 - 4500 kata (di luar abstrak, tabel, referensi)
  • Tabel dan gambar : berjumlah maksimal 5. Gambar yang dicantumkan merupakan gambar yang jelas dengan resolusi yang cukup dalam format .JPG, .JPEG, atau .PNG
  • Referensi : maksimal berjumlah 40 (untuk artikel berupa scoping review, systematic review, maupun meta-analysis, jumlah ini merupakan referensi yang digunakan dalam bagian Pendahuluan dan Diskusi)

Literature review

  • Artikel yang termasuk dalam kategori ini adalah ulasan ilmiah dan komprehensif yang merangkum dan mengevaluasi secara kritis berbagai penelitian pada topik tertentu, disertai dengan identifikasi implikasi hasil ulasan tersebut pada masa depan
  • Judul artikel : terdiri atas maksimal 20 kata
  • Abstrak : dapat mencakup abstrak tidak terstruktur dengan jumlah kata maksimal 300 kata disertai 3-5 kata kunci
  • Teks : terdiri atas Pendahuluan, Metode, Hasil, Diskusi, dan Kesimpulan, dengan jumlah kata maksimal 3500 kata (di luar abstrak, tabel, dan daftar referensi)
  • Tabel dan gambar : maksimal berjumlah 5
  • Referensi : maksimal berjumlah 20

Shorts communication and innovation

  • Jumlah penulis maksimal 6 orang <cek TAPS>
  • Artikel yang termasuk dalam kategori ini berisi informasi singkat mengenai isu penting atau menarik dalam bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, atau ide dan gagasan mengenai suatu model, hipotesis, atau inovasi dalam bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan yang disampaikan secara lengkap dan menyeluruh.
  • Judul artikel : terdiri atas maksimal 20 kata
  • Abstrak : dapat mencakup abstrak tidak terstruktur dengan jumlah kata maksimal 250 kata disertai 3-5 kata kunci
  • Teks : terdiri atas Pendahuluan, Metode, Hasil, dan Diskusi, dengan jumlah kata maksimal 1000 kata (di luar abstrak, tabel, dan daftar referensi)
  • Tabel dan gambar : maksimal berjumlah 2
  • Referensi : maksimal berjumlah 20

Case studies and reflection

  • Artikel yang termasuk dalam kategori ini adalah studi kasus terkait pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, atau metodologi riset yang baru, perspektif atau ide baru yang berkaitan dengan pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, disertai dengan refleksi mendalam tentang hal yang sudah diterapkan dengan baik, dan tindak lanjut perbaikan, disertai argumentasi yang relevan.
  • Sebagai contoh adalah studi kasus mengenai penanganan mahasiswa bermasalah atau adaptasi kurikulum di suatu institusi.
  • Judul artikel : terdiri atas maksimal 20 kata
  • Tidak perlu mencantumkan abstrak
  • Teks : terdiri atas Pendahuluan, Deskripsi Kasus dengan mencantumkan konteks dalam pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, Pembahasan, dan Kesimpulan, dengan jumlah kata maksimal 1000 kata
  • Tabel dan gambar : maksimal berjumlah 1 buah
  • Referensi : maksimal berjumlah 5 buah

Personal view and commentaries

  • Jumlah penulis maksimal 3 orang
  • Artikel yang termasuk dalam kategori ini adalah ulasan mengenai pandangan, penilaian, atau saran terkait topik tertentu dalam bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan. 
  • Judul artikel : terdiri atas maksimal 20 kata
  • Tidak perlu mencantumkan abstrak
  • Teks : jumlah kata maksimal 1500 kata
  • Tidak terdapat tabel dan gambar
  • Referensi : maksimal berjumlah 5 buah




Format Manuskrip

 

Halaman pembuka (title page)

Halaman pembuka dicantumkan dalam halaman terpisah dari artikel, dan mencakup informasi berikut:

    • Judul artikel yang padat dan informatif, tanpa menggunakan singkatan, dengan jumlah kata maksimal 20 kata
    • Penulis, yang meliputi nama lengkap dan afiliasi institusi masing-masing penulis
  • Corresponding author, dengan mencantumkan alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email

Format penulisan

  • Artikel ditulis dalam format dokumen Microsoft Word® berukuran A4, dengan batas tepi atas, bawah, kanan, dan kiri 2,5 cm dan jarak antar baris menggunakan spasi ganda (double-space) sesuai dengan format penulisan yang dapat diunduh di sini
  • Judul artikel ditulis menggunakan huruf Arial berukuran 14, dicetak tebal dengan posisi berada di tengah halaman
  • Teks ditulis menggunakan huruf Arial berukuran 12, dengan posisi rata kanan dan kiri

Sub-judul dalam teks (heading)

  • SUB-JUDUL TINGKAT PERTAMA (huruf kapital dan dicetak tebal)
  • Sub-judul tingkat kedua (huruf kapital di awal kalimat dan dicetak tebal)
  • Sub-judul tingkat ketiga (huruf kapital di awal kalimat dan dicetak tebal dan miring)
  • Sub-judul tingkat keempat (huruf kapital di awal kalimat dan dicetak miring)

Penulisan daftar dalam teks (listing)

  • Daftar dalam teks dapat dituliskan secara menurun ke bawah atau ke samping seperti contoh berikut ini:

Beberapa topik dalam Jurnal PERPIPKI meliputi:

  1. Pengembangan kurikulum
  2. Proses belajar mengajar
  3. Asesmen dan evaluasi hasil pembelajaran

Beberapa topik dalam Jurnal PERPIPKI meliputi: (a) pengembangan kurikulum, (b) proses belajar dan mengajar, dan (c) asesmen dan evaluasi hasil pembelajaran.

Abstrak

  • Pada kategori publikasi original article, jenis abstrak yang digunakan adalah abstrak terstruktur, sedangkan pada kategori publikasi literature review, shorts communication and innovation menggunakan abstrak tidak terstruktur.
  • Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dengan jumlah kata sesuai dengan masing-masing kategori publikasi.

Pendahuluan

  • Pendahuluan untuk semua jenis artikel pada umumnya berisi state of the art dari topik yang dibahas, kajian literatur terkini, analisis kesenjangan (gap analysis) terhadap kajian saat ini yang mendorong dilakukannya penelitian/inovasi/laporan kasus/refleksi/kajian literatur dll dan aspek yang akan diisi oleh kajian yang dilakukan. 
  • Pendahuluan untuk original research dan short communication perlu juga mencantumkan pertanyaan penelitian dengan eksplisit. 


Metode

  • Bagian ini perlu mengulas desain penelitian yang dilakukan baik untuk desain kuantitatif, kualitatif maupun mixed-method, konteks/setting pelaksanaan penelitian bila sesuai, metode pengumpulan data, instrumen yang digunakan beserta kajian validasinya, dan metode analisis data. Uraian  ini perlu ditulis lengkap untuk jenis artikel original research, termasuk untuk desain systematic review/meta-analysis
  • Untuk jenis artikel short communication/innovations, bagian metode menguraikan teknik pengumpulan data atau perumusan inovasi yang dikaji. 
  • Untuk jenis artikel literature review, metode yang digunakan untuk pencarian literatur perlu diuraikan. . 

Hasil

  • Bagian hasil dapat ditulis dalam bentuk narasi, tabel, gambar, maupun flowchart dengan jumlah yang sesuai dengan kategori manuskrip
  • Tabel hanya menggunakan garis horizontal tanpa garis vertikal 

Diskusi

  • Bagian ini harus memuat limitasi dari penelitian atau kajian yang dilakukan serta rekomendasi penelitian atau kajian yang dapat dilakukan selanjutnya  

Simpulan

  • Simpulan disusun berupa uraian ringkas untuk menjawab pertanyaan penelitian dan selaras dengan tujuan penelitian. 
  • Simpulan diuraikan untuk merangkum berbagai informasi pada bagian sebelumnya. Simpulan dibuat dalam bentuk narasi, bukan berupa pointer.  

Acknowledgement

Pada bagian ini dapat dituliskan:

  • Adanya dukungan finansial atau hibah dalam proses penelitian
  • Kontribusi pihak tertentu selain penulis yang telah membantu dalam proses penelitian
  • Adanya dukungan secara teknis yang diberikan selama proses penelitian
  • Adanya presentasi mengenai penelitian atau artikel yang sedang diajukan

Tabel

  • Tabel dicantumkan di halaman terpisah, dengan disertai keterangan “Tabel 1 disini” pada bagian teks yang dimaksud
  • Tabel hendaknya mencantumkan informasi tambahan yang belum disampaikan di dalam teks secara singkat, padat, dan jelas
  • Tabel tidak menggunakan garis vertikal, dan garis horizontal hanya digunakan pada bagian judul kolom dan ujung bawah tabel
  • Keterangan tambahan dapat ditambahkan di bagian bawah tabel

Gambar

  • Gambar dicantumkan di halaman terpisah, dengan disertai keterangan “Gambar 1 disini” pada bagian teks yang dimaksud.
  • Menggunakan format .JPG, .JPEG, atau .PNG dengan ukuran maksimal masing-masing gambar adalah 1 MB 

Referensi

  • Sebanyak 75% referensi diharapkan menyertakan publikasi 10 tahun terakhir
  • Referensi ditulis dengan menggunakan format Vancouver

In-text Citation:

Example: Using superscript numbering system without brackets, that should be written after commas,1 or full-stops.2,3 The in-text citation should be written before semicolon4-6; or colon:1,3,5-9 to adhere to the journal guideline.


Reference List:

Some examples:


Online Journal Article

Mercer A, Puddey IB. Admission selection criteria as predictors of outcomes in an undergraduate medical course: A prospective study. Med Teach. 2011 Dec 1;33(12):997-1004. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3109/0142159X.2011.577123 


Printed Journal Article

Ashaeryanto A, Kristina TN, Hadianto T. The Relationships of The types of Entry Selection of Students with their Learning Motivation, Learning Strategies, and Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia; The Indonesian Journal of Medical Education.;6(1):1-10.


Books

Reeves S, Lewin S, Espin S, Zwarenstein M, Ed HB. Interprofessional Teamwork for Health and Social Care., Blackwell Wiley Publishing. 2011; pp. 32-33.



Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.