Submissions
Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.- The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
- The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
- Where available, URLs for the references have been provided.
- The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
- The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
Author Guidelines
Author Guidelines
Jurnal PERPIPKI merupakan jurnal resmi Perhimpunan Pengkaji Ilmu Pendidikan Kedokteran Indonesia. Artikel dalam jurnal ini diharapkan dapat mengangkat berbagai tema di bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, diantaranya sebagai berikut :
- Pengembangan dan pengelolaan kurikulum
- Proses belajar dan mengajar (teaching & learning)
- Asesmen dan evaluasi hasil pembelajaran (assessment)
- Proses seleksi peserta didik (students selection)
- Dukungan kepada peserta didik (student support)
- Pengembangan staf pengajar (faculty development)
- Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran (technology-enhanced learning)
- Pendidikan kedokteran berkelanjutan (continuing medical education)
- serta berbagai topik lain yang relevan dengan pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, baik di tahap sarjana, profesi, spesialis, maupun sub-spesialis.
Jurnal ini memuat berbagai jenis publikasi berbahasa Indonesia, yang dibedakan menjadi original articles, literature review, shorts communication and innovations, case studies and reflection, dan personal view and commentaries.
Ethical Guidelines
Dalam penyusunan artikel, perlu dituliskan dengan jelas kontribusi masing-masing penulis. Seluruh penulis bertanggung jawab pada isi dan cara penulisan pada artikel. Artikel yang diajukan pada Jurnal PERPIPKI telah dibaca, diulas secara kritis, dan disetujui oleh seluruh penulis.
Jurnal PERPIPKI mengikuti the Uniform Guidelines for Biomedical Journals Requirements of the ICMJE (International Committee of Medical Journal Editors) dalam menentukan authorship. Menurut ICMJE, authorship harus memenuhi seluruh kriteria berikut:
- memberikan kontribusi substansial dalam penyusunan konsep dan desain artikel/penelitian, proses pengumpulan data, serta proses analisis dan interpretasi data
- terlibat dalam proses penyusunan dan revisi artikel
- memberikan persetujuan pada versi akhir artikel sebelum dipublikasikan
Persetujuan etik wajib dicantumkan di dalam artikel di bagian “Metode”, dengan mencantumkan nomor persetujuan kaji etik (ethical clearance) dan institusi yang memberikan persetujuan etik tersebut. Jika tidak terdapat persetujuan etik, penulis perlu menyampaikan alasan tidak mendapatkan persetujuan etik.
Submission of Manuscript
Artikel yang diajukan pada Jurnal PERPIPKI akan menjalani proses review oleh tim editor dan tim reviewer. Proses review terdiri atas beberapa tahap sebagai berikut:
- Chief Editor dan Managing Editor selama 2 minggu → bisa diterima / ditolak → diterima, disampaikan kepada reviewer
- Proses review oleh tim reviewer selama 4-6 minggu → bisa diterima (disertai usulan perbaikan) / ditolak
- Proses perbaikan selama 4-6 minggu tergantung usulan perbaikan yang diberikan oleh tim reviewer (minor / mayor)
- Proses review pada artikel perbaikan selama 2-4 minggu
- Proses produksi
Cover letter
Penulis wajib memastikan artikel yang diajukan pada Jurnal PERPIPKI merupakan karya original, bukan karya yang mengandung plagiarisme, dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Untuk itu corresponding author perlu menyatakan hal tersebut dalam cover letter. Cover letter wajib disertakan saat proses submission, dengan menyampaikan bahwa seluruh penulis memberikan kontribusi secara signifikan pada proses penulisan dan telah menyetujui versi akhir artikel yang diajukan pada Jurnal PERPIPKI. Dalam penelitian yang melibatkan subjek manusia wajib menyampaikan bahwa subjek atau responden telah memberikan informed consent, serta data subjek atau responden harus dipertahankan tetap anonim. Penulis juga wajib mendeklarasikan adanya dukungan finansial atau konflik kepentingan dalam proses penelitian.
Manuskrip
Format penulisan dapat diunduh di sini.
Artikel dapat dituliskan dalam Bahasa Indonesia, disertai abstrak dalam Bahasa Inggris. Kriteria penulisan masing-masing jenis publikasi diuraikan sebagai berikut:
Original article |
|
Literature review |
|
Shorts communication and innovation |
|
Case studies and reflection |
|
Personal view and commentaries |
|
Format Manuskrip
Halaman pembuka (title page) |
Halaman pembuka dicantumkan dalam halaman terpisah dari artikel, dan mencakup informasi berikut:
|
Format penulisan |
|
Sub-judul dalam teks (heading) |
|
Penulisan daftar dalam teks (listing) |
Beberapa topik dalam Jurnal PERPIPKI meliputi:
Beberapa topik dalam Jurnal PERPIPKI meliputi: (a) pengembangan kurikulum, (b) proses belajar dan mengajar, dan (c) asesmen dan evaluasi hasil pembelajaran. |
Abstrak |
|
Pendahuluan |
|
Metode |
|
Hasil |
|
Diskusi |
|
Simpulan |
|
Acknowledgement |
Pada bagian ini dapat dituliskan:
|
Tabel |
|
Gambar |
|
Referensi |
In-text Citation: Example: Using superscript numbering system without brackets, that should be written after commas,1 or full-stops.2,3 The in-text citation should be written before semicolon4-6; or colon:1,3,5-9 to adhere to the journal guideline. Reference List: Some examples: Online Journal Article Mercer A, Puddey IB. Admission selection criteria as predictors of outcomes in an undergraduate medical course: A prospective study. Med Teach. 2011 Dec 1;33(12):997-1004. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3109/0142159X.2011.577123 Printed Journal Article Ashaeryanto A, Kristina TN, Hadianto T. The Relationships of The types of Entry Selection of Students with their Learning Motivation, Learning Strategies, and Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia; The Indonesian Journal of Medical Education.;6(1):1-10. Books Reeves S, Lewin S, Espin S, Zwarenstein M, Ed HB. Interprofessional Teamwork for Health and Social Care., Blackwell Wiley Publishing. 2011; pp. 32-33. |
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.