Keterlibatan Mahasiswa Kedokteran Dalam Pembelajaran Daring: Laporan Kasus
MEDICAL STUDENTS’ ENGAGEMENT IN ONLINE LEARNING: A SINGLE-INSTITUTION CASE REPORT
Keywords:
student engagement, online learning, medical studentsAbstract
ABSTRAK
Latar belakang: Sebagai akibat pandemi COVID-19, mayoritas institusi pendidikan menyelenggarakan proses
pembelajaran secara daring. Dalam pembelajaran daring, memahami tingkat keterlibatan mahasiswa menjadi sangat
penting. Tingkat retensi keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring dilaporkan lebih rendah dibandingkan
pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan mahasiswa dalam
pembelajaran daring dengan nilai mata kuliah pada mahasiswa preklinik di fakultas kedokteran. Penelitian ini
merupakan studi potong lintang. Penentuan sampel dihitung menggunakan teknik probabilitas dengan metode
pengambilan sampel acak sederhana. Tingkat keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran diukur menggunakan
kuesioner. Hasil uji statistik menunjukan terhadap hubungan signifikan antara tingkat keterlibatan mahasiswa engan
luaran pembelajaran dalam mata kuliah daring (p=0,037). Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan
mahasiswa dalam pembelajaran daring memiliki hubungan yang sigfinikan dengan nilai mata kuliah. Kemampuan staf
pengajar dalam memfasilitasi mahasiswa agar senantiasa terlibat dalam berbagai kegiatan pembelajaran, khususnya
dalam pembelajaran daring, menjadi sangat penting agar mahasiswa dapat mendapatkan manfaat yang optimal dari
berbagai aktivitas pembelajaran yang dijalaninya.
ABSTRACT
Background: As a result of the COVID-19 pandemic, the majority of educational institutions are implementing the
learning process online. In online learning, understanding the level of student engagement is very important. The
retention rate of student engagement in online learning is reported to be lower than face-to-face learning. This study
aims to determine the relationship between student engagement in online learning and course grades for preclinical
students at medical faculties. This research is a cross-sectional study. Determination of the sample is calculated using
probability techniques with simple random sampling method. The level of student engagement in learning is measured
using a self-developed questionnaire. The statistical test results showed a significant relationship between the level of
student engagement and learning outcomes in online learning (p=0.037). As this study showed that the level of student
involvement in online learning has a significant relationship with course grades. The ability of medical teachers in
facilitating students to always be involved in various learning activities, especially in online learning, is very important
so that students can get optimal benefits from the various learning activities..