GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA PANDEMI COVID-19

DESCRIPTION OF STRESS LEVEL OF STUDENTS ON ONLINE LEARNING IN THE COVID-19 PANDEMIC

Penulis

  • Resti Rahmadika Akbar Bagian Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Baiturrahmah
  • Wegi Duwi Puti Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah
  • Mutiara Anissa 3Bagian Psikiatri, Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Kata Kunci:

covid-19, pandemi, stres, pembelajaran daring

Abstrak

Latar Belakang: Dampak pandemi covid-19 pada tahun 2020 ini di Indonesia merambah dunia pendidikan, pemerintah pusat hingga daerah memberikan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Stres yang dialami mahasiswa akibat wabah Covid-19 ini dipengaruhi oleh munculnya rasa takut akan tertular Covid-19, kekhawatiran saat pergi keluar rumah, kebosanan saat melakukan social distancing, dan kesulitan memahami materi saat perkuliahan daring.  Tujuan: Mengetahui karakteristik dan gambaran tingkat stres mahasiswa kedokteran berdasarkan jenis kelamin, usia, angkatan, lokasi tempat tinggal dan lokasi saat belajar, pada masa pandemi corona.    Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain potong lintang dan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Hasil: Penelitian yang telah dilakukan terhadap mahasiswa Kedokteran Baiturrahmah sebanyak 87 respoden diperoleh gambaran tentang tingkat stres mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada pandemi covid-19. Mahasiswa yang mengalami stres sedang sebanyak 35 orang (40.2%) dan stres berat sebanyak 1 orang (1.1%). Karakteristik mahasiswa Kedokteran Baiturrahmah secara umum berdasarkan tingkat stres diperoleh hasil penelitian yang menggambarkan secara umum mahasiswa Kedokteran Baiturrahmah memiliki kategori tidak stres dalam menghadapi pembelajaran daring selama corona dan lebih banyak dialami pada mahasiswa berjenis kelamin perempuan, yang lokasi belajarnya di luar kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat. Stres lebih banyak dialami oleh mahasiswa yang belajar di dalam rumah dibandingkan dengan diluar rumah. Kesimpulan: Lebih dari setengah responden tidak tidak mengalami stres dan 41.3% yaitu sebanyak 36 orang responden mengalami stres sedang dan stres beratdalam menghadapi pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19.

Diterbitkan

26-03-2023