Perhimpunan Pengkaji Ilmu Pendidikan Kedokteran Indonesia (PERPIPKI)

Perhimpunan Pengkaji Ilmu Pendidikan Kedokteran Indonesia (PERPIPKI) atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Indonesian Association of Medical Education (INAMED) dideklarasikan pada tanggal 27 Agustus 2008 di Jakarta bertepatan dengan Jakarta Meeting in Medical Ecucation (JAKMED) tahun 2008 dan didirikan berdasarkan akte notaris tanggal 11 Desember 2010.

PERPIPKI merupakan perhimpunan seminat yang berkecimpung dan mengembangkan ilmu pendidikan kedokteran sebagai cabang dari ilmu kedokteran di Indonesia.

PERPIPKI merupakan lanjutan dari program HWS DIKTI 2003-2007, setelah berhasil mengeluarkan KBK. Pendirian PERPIPKI bertujuan menyinambungkan pendidikan kedokteran guna memajukan pendidikan kedokteran di Indonesia.

Perhimpunan ini terdiri dari sekelompok staf pengajar dari institusi pendidikan dokter yang mempunyai minat atau keahlian dalam disiplin pendidikan kedokteran dan berperan serta dalam pengembangan ilmu pendidikan kedokteran.  Anggota PERPIPKI tidak terbatas pada praktisi, pengkaji pendidikan kedokteran, magister dan doktor di bidang pendidikan kedokteran berasal dari dalam dan luar negeri, tetapi juga para staf pengajar kedokteran yang berminat dan merupakan pemerhati dalam perkembangan keilmuan pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan.

Saat ini sekretariat PERPIPKI pusat berada di Departemen Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat. 

 

Jurnal Perhimpunan Pengkaji Ilmu Pendidikan Kedokteran Indonesia PERPIPKI

Jurnal PERPIPKI merupakan jurnal resmi Perhimpunan Pengkaji Ilmu Pendidikan Kedokteran Indonesia yang telah diterbitkan sejak tahun 2010. Mulai tahun 2022, Jurnal PERPIPKI akan kembali diluncurkan dalam bentuk jurnal elektronik untuk memberikan manfaat lebih luas kepada staf pengajar kedokteran dan profesi kesehatan di seluruh Indonesia. 

Artikel dalam jurnal ini diharapkan dapat mengangkat berbagai tema di bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, diantaranya sebagai berikut :

  • Pengembangan dan pengelolaan kurikulum
  • Proses belajar dan mengajar (teaching & learning)
  • Asesmen dan evaluasi hasil pembelajaran (assessment)
  • Proses seleksi peserta didik (students selection)
  • Dukungan kepada peserta didik (student support)
  • Pengembangan staf pengajar (faculty development)
  • Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran (technology-enhanced learning)
  • Pendidikan kedokteran berkelanjutan (continuing medical education)
  • serta berbagai topik lain yang relevan dengan pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan.

 

Jurnal ini memuat berbagai jenis publikasi, yang dibedakan menjadi  original articles, literature review, shorts communication and innovations, case studies and reflection, dan personal view and commentaries.

Current Issue

Vol. 7 No. 01 (2023): Jurnal Pengkaji Ilmu Pendidikan Kedokteran Indonesia (Jurnal PERPIPKI)
View All Issues